7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Menilik Jajanan Jadul Khas Malang

Untuk kamu yang sedang berada di Malang dan sudah berburu oleh-oleh Malang seperti air apal, pia mangkok, atau keripik buah; ada satu lagi nih yang perlu kamu coba sebelum pulang: mencicipi jajanan jadul. Di Malang, terdapat banyak sekali jenis kuliner tradisional yang bisa kamu cicipi, salah satunya adalah jajanan jadul. Tertarik? Simak daftar lengkapnya dalam artikel berikut ini, yuk!

1. Jemblem. Untuk kamu yang suka dengan kudapan manis dan legit, jemblem merupakan pilihan yang tepat. Jemblem merupakan gorengan yang terbuat dari singkong dan berisi gula murah. Biasanya, jemblem dapat ditemukan di pasar maupun warung-warung daerah. Untuk membuat jemblem, singkong terlebih dahulu diparut atau digiling halus, kemudian dibentuk bundar dan diisi gula merah. Setelahnya, jemblem kemudian digoreng sampai matang dan siap dihidangkan. Mirip misro, ya!

Jajanan Jadul Khas Malang Jemblem

2. Puthu lanang. Jajanan lain yang cukup legendaris di Malang adalah puthu lanang. Tidak sulit mencari puthu lanang di Malang karena ada beberapa toko yang memang sudah terkenal sejak dulu kala. Puthu lanang merupakan kue putu yang identik dengan aroma daun pandan serta kelapa parut yang kuat. Rasa tepung beras dan juga gula jawanya pasti akan membuat kamu ketagihan. Kue ini cocok sekali dikonsumsi saat masih hangat.

Jajanan Jadul Khas Malang Puthu lanang

3. Sempol. Untuk yang suka jajanan gurih, sempol juga wajib dicicipi selama di Malang. Makanan ini terbuat dari tapioka yang terasa kenyal ketika dikonsumsi. Popularitas sempol pun kini sudah merajalela, tak hanya di Malang, tetapi juga tersebar ke berbagai wilayah Indonesia. Sudah pernah coba?

Jajanan Jadul Khas Malang Sempol

4. Mendol. Mendol merupakan gorengan yang terbuat dari tempe kedelai, kencur, dan juga daun jeruk. Tempe ditumbuk kasar terlebih dahulu, kemudian dibentuk lonjong dan digoreng sampai matang. Tak hanya dijadikan camilan, mendol tempe juga biasanya disajikan sebagai makanan pendamping untuk nasi pecel. Gurih banget!

Jajanan Jadul Khas Malang Mendol

5. Menjes. Terakhir adalah menjes. Sama seperti mendol yang juga merupakan gorengan tempe, menjes merupakan olahan kedelai yang terbuat dari kedelai hitam atau ampas tempe. Biasanya, menjes ini akan digoreng dengan tepung plus irisan daun bawang, kemudian disajikan dengan cabai rawit.

Jajanan Jadul Khas Malang Menjes

Nah, itu dia beberapa jajanan khas Malang yang mungkin bisa kamu cicipi. Semoga bermanfaat!

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment