7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

5 Cara Menjaga Orang Tua yang Sakit di Rumah

Cara Menjaga Orang Tua yang Sakit di Rumah

Setiap orang selalu menginginkan kondisi kesehatan yang prima bahkan sampai tua sekali pun tidak ada yang ingin sakit. Hanya saja memang saat sudah tua daya tahan tubuh akan menurun dan lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit. Berikut ini cara menjaga orang tua yang sakit di rumah saja.

1. Pahami Kondisi Kesehatannya

Cara menjaganya dimulai dengan pemahamanmu akan kondisi kesehatannya. Pengetahuan ini tentunya akan membuat kamu lebih teliti dalam menjaga makanan apa yang dikonsumsi dan aktivitas yang boleh dilakukan sesuai kondisi kesehatannya. 

Saat sudah memahami kondisi kesehatannya dengan baik maka persediaan obat pun akan lebih terkendali. Pemahaman tentang kondisi kesehatan tentunya setelah kamu melakukan konsultasi dengan dokter agar tidak ada kesalahan saat menjaganya. 

2. Menjaga Jadwal Makan

Cara menjaga orang tua yang sakit dengan menjaga jadwal makannya tepat waktu. Sekalipun sakit membuat nafsu makannya menurun, kamu tetap harus berusaha menjaga jadwal makannya tepat waktu tidak terlambat diberikan. Jadwal makan yang terjaga tentunya untuk memastikan nutrisi didapatkan sesuai kebutuhan tubuhnya. 

3. Nutrisi atau Kalori Terpenuhi

Nutrisi sangat penting dalam proses penyembuhan orang tua yang tentunya sudah menginjak lansia. Nutrisi tentunya bisa terpenuhi dengan makanan yang mengandung gizi seimbang sekaligus memenuhi kalori sesuai kebutuhan tubuhnya. Saat kalori terpenuhi tentunya akan memiliki energi untuk melakukan aktivitas dan tidak mudah kelelahan. 

Makanan yang diberikan harus mengandung nutrisi yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Jika mengalami sakit yang mengakibatkan luka pastikan konsumsi vitamin C lebih banyak agar proses penyembuhan lebih cepat. Asupan nutrisi yang sesuai juga membantu perbaikan sel-sel yang rusak, sehingga bisa cepat pulih kembali. 

4. Penuhi Cairan Tubuhnya

Saat sakit orang tua harus mendapatkan cairan yang cukup agar ginjalnya dapat bekerja dengan baik. Air yang perlu diminum 2-3 liter per hari agar tidak mengalami dehidrasi. Kamu harus memantau berapa banyak air yang minum. Cara lebih mudahnya dengan memberikan botol dan target untuk menghabiskannya di waktu tertentu. 

5. Waktu Istirahat

Saat sakit tubuh membutuhkan istirahat yang lebih banyak, termasuk pada orang tua. Cara menjaganya saat sedang sakit degan memastikan mereka mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan tentunya berkualitas. 

Istirahat yang cukup akan sangat membantu produksi sitokin di dalam tubuh yang sangat membantu sekali dalam proses penyembuhan penyakit. Minimal jam tidurnya adalah 7 sampai 8 jam di malam hari. 

Cara menjaga orang tua yang sakit di rumah saja juga dengan memberikan motivasi kepada mereka untuk bisa segera sembuh. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tidak ada risiko terserang infeksi kuman dan bakteri. Jika orang tua sudah tidak bisa berjalan atau harus menggunakan popok pastikan kamu menggantinya secara rutin untuk menjaga kebersihan.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment