7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

5 Cerita Rakyat Nusantara yang Kaya Nilai Moral

Cerita Rakyat Nusantara yang Kaya Nilai Moral

Tanah air Indonesia memiliki banyak sekali cerita rakyat yang kaya akan nilai moral dan pelajaran berharga. Tentu sudah menjadi tugas bagi kita semua untuk melestarikan kisah ini kepada generasi selanjutnya. Berikut adalah 5 judul cerita rakyat nusantara yang menarik untuk disimak dan mengandung pelajaran moral yang sangat berharga.

1. Lutung Kasarung

Kisah pertama ada Lutung Kasarung yang mengisahkan tentang perjalanan putri bernama Purbasari. Putri cantik ini harus diusir dari istana oleh kakaknya sendiri. Ia pun harus menjalani kehidupan seorang diri di dalam hutan. Di sana Purbasari kemudian bertemu dengan seekor lutung yang ternyata adalah jelmaan dari seorang pangeran tampan.

Cerita ini menunjukkan bahwa orang yang baik dan tulus akan bertemu dengan hal-hal yang baik. Purbasari diusir akibat kedengkian sang kakak dan menerima perlakuan tersebut dengan ikhlas. Ia akhirnya menemui kebahagiaannya sendiri yakni menikah dengan pangeran yang menjelma sebagai lutung.

2. Malin Kundang

Berikutnya ada kisah yang sangat populer di kalangan masyarakat tentang anak durhaka pada ibunya yakni Malin Kundang. Kisah ini sangat melegenda, menceritakan tentang seorang anak yang tidak mau mengakui ibunya sendiri setelah sukses merantau. Sang ibu kemudian berdoa dan mengutuk anaknya tersebut menjadi batu. 

Kisah ini berasal dari Sumatera Utara dan menjadi salah satu kisah favorit di berbagai daerah. Bahkan di Padang ada lokasi pantai dimana terdapat batu menyerupai orang sedang bersujud. Batu tersebut dipercaya sebagai Malin Kundang yang telah dikutuk menjadi batu. 

3. Timun Mas

Cerita rakyat berikutnya yang juga sangat menarik untuk disimak adalah Timun Mas. Menceritakan tentang sepasang suami istri yang tidak memiliki anak. Mereka akhirnya bertemu dengan raksasa dan meminta anak. Raksasa langsung memberikan biji timun yang nantinya akan memberi anak kepada mereka. Benar saja, biji timun ajaib tersebut memberi anak bagi pasangan tersebut.

Namun, sang raksasa memberi syarat bahwa pasangan suami istri tadi harus menyerahkan anak tersebut setelah berusia 6 tahun. Saat tiba waktunya sang raksasa menjemput anak yang diberi nama Timun Mas tadi, sang anak melarikan diri. Ia membawa 4 bungkusan kecil yang menjadi senjata untuk mengusir raksasa jahat.

4.  Bawang Merah Bawang Putih

Kisah yang satu ini juga sangat populer bahkan sempat diangkat menjadi cerita sinetron. Dikisahkan tokoh Bawang Merah selalu jahat pada saudara tirinya yakni Bawang Putih. Berkat kesabaran dan kebaikan Bawang Putih, ia justru menerima banyak kebahagiaan. Meskipun selalu dijahati oleh Bawang Merah, namun Bawang Putih selalu menemukan cara untuk bahagia.

5. Sangkuriang

Kisah Sangkuriang juga begitu melegenda di kalangan masyarakat. Sangkuriang merupakan nama seorang anak yang tumbuh dewasa terpisah dari ibu kandungnya, Dayang Sumbi. Ketika dewasa, ia justru jatuh cinta kepada sang ibu. Dayang Sumbi pun meminta Sangkuriang untuk membuatkan perahu dalam waktu semalam jika ingin mempersuntingnya.

Tugas yang diberikan Dayang Sumbi ini sangat mustahil dan memang bertujuan agar Sangkuriang tak memperistri ibunya sendiri. Saat Sangkuriang gagal menyelesaikan tugas tersebut, ia merasa marah dan menendang perahu yang sudah ia buat. Perahu tersebut jatuh tertelungkup dan kini dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu. 

Itulah 5 cerita rakyat yang kaya akan pesan moral. Kisah-kisah ini mungkin terkesan tradisional namun sangat menyenangkan untuk diikuti. Bahkan kisah-kisah ini sangat baik untuk disampaikan kepada anak-anak dengan tujuan memberi pelajaran moral yang berharga.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment