7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

5 Macam Olahraga untuk Jantung Sehat

Olahraga untuk Jantung Sehat

Bukan rahasia lagi bila penyakit jantung koroner menjadi salah satu ancaman paling mematikan di Indonesia. Data Riskesdas tahun 2018, bahkan, menyebut jika angka kejadian penyakit jantung di Indonesia dimulai pada usia kurang dari 1 tahun dan tersebar pada semua kelompok umur. Sudah begitu, semakin tua usia seseorang, semakin tinggi pula risiko penyakit jantung yang bisa diderita. Makanya, rajin berolahraga untuk jantung sehat serta konsumsi makanan sehat harus Anda lakukan untuk meminimalkan risiko terkena serangan jantung. Selain itu, lengkapi juga diri dengan perlindungan bernilai premi asuransi jiwa ringan yang bisa Anda lihat di laman https://www.allianz.co.id/produk/asuransi-jiwa untuk kebutuhan pengecekan kesehatan. Memang, apa saja, sih, macam olahraga yang baik untuk jantung yang sehat? Dilansir dari Kompas.com berikut beberapa olahraga yang bisa dilakukan:

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga dengan intensitas rendah, tetapi berdampak besar pada kesehatan jantung. Pasalnya, berjalan kaki dapat meningkatkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan memperkuat miokardium. Alhasil, aliran darah di dalam tubuh akan menjadi lebih lancar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki selama 30 menit sehari sebanyak lima hari dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 19%.

2. Angkat beban

Selain efektif memperkuat otot-otot tubuh, angkat beban juga dapat menyehatkan otot jantung Anda. Dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise, ditemukan bahwa partisipan wanita yang rajin berlatih angkat beban memiliki risiko penyakit jantung 17% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang jarang latihan angkat beban.

3. Berenang

Bagi Anda yang gemar berenang, ada kabar gembira! Sebab, ternyata berenang dapat menyehatkan jantung dan paru-paru karena saat berenang, tubuh mengeluarkan banyak keringat. Faktanya, orang yang berenang cenderung hidup lebih lama daripada orang yang jarang berenang. Para peneliti membuktikan klaim ini dalam sebuah studi.

4. Bersepeda

Mungkin Anda sudah tahu bahwa olahraga ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Atau mungkin Anda adalah salah satu yang rajin bersepeda akhir-akhir ini? Sebuah penelitian membuktikan bahwa bersepeda dapat menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

5. Berlari

Berlari adalah salah satu jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di luar maupun di dalam rumah, seperti menggunakan treadmill. Tahukah Anda? Selain bisa menurunkan berat badan, berlari juga sangat menyehatkan untuk jantung, loh. Sebuah riset membuktikan, berlari selama 5-10 menit setiap hari sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko kematian akibat stroke dan serangan jantung, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menurunkan risiko kanker.

Sungguh mudah, bukan, menjaga jantung dan kesehatan Anda dengan melakukan beberapa olahraga di atas? Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat, ya!

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment