7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Ingin Liburan ke Pulau Bunaken Berjalan Lancar dan Lebih Berkesan? Simak Tips Berikut Ini

Tips Liburan ke Pulau Bunaken
Sumber: https://www.superadventure.co.id/


Berlibur ke Pulau Bunaken tentu saja tidak akan pernah gagal. Kecantikan Pulau Bunaken dengan kekayaan bawah laut yang luar biasa dipastikan akan selalu membuat waktu berlibur Anda menjadi sangat menyenangkan. Namun ada beberapa tips yang bisa membuat liburan Anda ke Pulau Bunaken lebih lancar dan jauh lebih berkesan. Dengan mengetahui tips ini Anda tidak akan pusing memikirkan perihal transportasi, akomodasi dan lain sebagainya. Liburan Anda akan penuh dengan persiapan sehingga yang tersisa hanyalah waktu untuk menikmati keindahan alam yang terbentang. Apa saja tipsnya? Berikut poin-poinnya.


Waktu Liburan Terbaik

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bunaken yakni antara bulan Mei hingga Agustus. Namun puncaknya ada pada bulan Juli hingga Agustus. Pada rentang waktu ini Taman Laut Bunaken dalam kondisi terbaiknya karena suhu yang hangat serta air yang jernih. Pada kondisi seperti ini flora dan fauna Bunaken sedang berkembang biak. Anda juga bisa berkunjung pada bulan Oktober. Karena pada bulan ini diselenggarakan festival Bunaken yang pastinya sangat seru. Namun tidak disarankan untuk berwisata antara bulan Desember dan Januari karena air sedang pasang serta gelombang tinggi. Kondisi ini menyebabkan lautan Bunaken sedikit lebih keruh.


Rencanakan Sejak Jauh-Jauh Hari

Pulau Bunaken adalah destinasi wisata yang diidam-idamkan, sehingga di puncak liburan pasti penuh dengan wisatawan. Oleh karena itu persiapkan liburan Anda sejak jauh-jauh hari. Pesan hotel, resort atau operator selam yang ada di sana sejak jauh-jauh hari agar tidak rebutan dengan wisatawan lainnya. Terkadang pihak hotel, resort atau operator selam bahkan tidak menerima wisatawan lagi jika Anda terlambat memesan.


Transportasi Menuju Pulau Bunaken

Bagi Anda yang berwisata dengan budget ataupun backpacker disarankan untuk berangkat ke Pulau Bunaken dari Dermaga Kuala Jengki. Dari dermaga ini biasanya moda transportasi yang tersedia tidak begitu mahal. Pilihan lainnya adalah melalui Pelabuhan Marina Blue Banter, Marina Nusantara Diving Centre (NDC), Marina dan Pasar Bersehati. Anda hanya membutuhkan waktu 20 menit perjalanan menuju Bunaken dari NDC dan 30 menit dari Marina Blue Banter. Pilihan lainnya adalah dengan menyewa kapal dari Pasar Bersehati atau Marina. Perjalanan dari dua tempat ini menuju ke Bunaken biasanya memakan waktu lebih lama yakni 40 menit. Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati sekitar IDR 300.000 sampai IDR 400.000. Tarif akan lebih mahal jika Anda berangkat dari Marina, yakni IDR 600.000 sampai IDR 800.000 karena dari sini Anda akan menaiki moda transportasi berupa kapal pesiar.


Membawa Uang Cash

Disarankan untuk membawa uang cash lebih. Karena banyak fasilitas di Pulau Bunaken yang hanya menerima pembayaran dengan uang cash. Bahkan banyak dari penyedia layanan di Pulau Bunaken yang belum mengerti menggunakan kartu kredit, kartu debit atau uang elektronik lainnya.


Bawa Peralatan yang Dibutuhkan

Sebenarnya di sini tersedia persewaan kamera untuk Anda yang ingin mengabadikan momen. Namun untuk keamanan privasi Anda disarankan untuk membawa kamera sendiri. Menyewa kamera berisiko pada penyimpanan foto-foto pribadi Anda yang bocor kepada pihak yang tidak diinginkan. Karena bisa saja foto-foto Anda diambil dan disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bawa juga peralatan mandi dan baju ganti yang akan digunakan setelah selesai menyelam.

Wonderful Indonesia

Perhatikan tips-tips tersebut, lakukan persiapan dengan baik dan rasakan liburan yang lancar serta lebih mengesankan.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment