7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Selain Kemampuan Akademis, Ini Beberapa Soft Skills Yang Wajib Untuk Dimiliki

Soft Skills Yang Wajib Untuk Dimiliki


Jika selama ini banyak orang yang mendewakan kemampuan akademis dalam meraih kesuksesan, ternyata hal ini tidak selamanya benar. Pasalnya, untuk bisa diterima pada sebuah lingkungan kerja yang beragam, ada beberapa soft skills yang memang harus dikuasai. Tidak mengherankan jika sebagai bentuk cara untuk mengetahui seberapa besar kemampuan soft skills, banyak perusahaan yang memberlakukan soft skills assessment yang sangat beragam.

Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk melamar sebuah posisi pada perusahaan, pastikan Anda terlebih dahulu menguasai berbagai kemampuan soft skills yang akan berguna dalam memperbesar peluang Anda diterima pada perusahan tersebut.

Lantas, apa saja soft skills yang memang harus dimiliki dan kerap kali dijadikan sebagai materi tes dalam penerimaan karyawan baru? Berikut beberapa diantaranya.

1. Kemampuan networking

Networking atau yang lebih dikenal dengan membangun sebuah hubungan yang luas juga kerap kali menjadi salah satu jenis soft skills yang akan dites ketika Anda melamar sebuah pekerjaan. Ketika seseorang mampu membangun jaringan yang luas, maka secara tidak langsung akan membantu dalam mengembangkan sebuah bisnis. Untuk membangun kemampuan ini, Anda bisa lakukan dengan sangat mudah dan pastinya juga membantu dalam mengembangkan kemampuan intrapersonal Anda dengan orang lain.

2. Kemampuan management waktu

Tidak kalah penting, assessment lain yang sering diberikan kepada calon karyawan baru adalah assessment terkait dengan kemampuannya untuk melakukan management waktu. Hal ini bisa dilakukan dengan meminta seorang calon karyawan bekerja pada deadline yang telah ditentukan dengan pekerjaan yang cukup banyak. Dari sini, seseorang bisa mengetahui sejauh mana kemampuan orang tersebut melakukan menegement waktu.

3. Kemampuan public speaking

Untuk assessment lain yang sering kali diberikan kepada calon pegawai baru adalah assessment terkait dengan kemampuan berbicara di depan publik atau public speaking. Bukan hanya seorang salesman saja yang harus memiliki kemampuan tersebut, namun semua orang harus memilikinya demi membantu mempromosikan perusahaan demi kemajuan di masa depan. Untuk melatih public speaking, Anda bisa melakukannya dengan belajar untuk berbicara di depan sekelompok teman hingga pada akhirnya Anda akan menjadi terbiasa.

4. Kemampuan kolaborasi dan kerja sama

Demi mencapai tujuan sebuah perusahaan, seseorang harus memiliki kemampuan dalam membangun kerja sama atau bekerja dalam sebuah tim. Sebab dalam kegiatan ini, seseorang harus mampu untuk menggabungkan ide dari beberapa kepala untuk mencapai tujuan yang sama dengan hasil terbaik. Ketika seseorang tidak memiliki kemampuan dalam melakukan kolaborasi, sudah pasti orang tersebut akan kesulitan dalam melalui assessment yang diberikan. Tidak hanya itu, seseorang yang tidak bisa bekerja sama dalam sebuah tim justru bisa menghandcurkan tim tersebut.

Hal yang harus Anda ingat, memiliki soft skill di atas memang sangat penting. Namun, tetap harus didukung dengan kemampuan akademis yang baik. Dengan kombinasi keduanya, perusahaan pasti tidak akan merasa ragu untuk menerima Anda bekerja di sana.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment