7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Cari Cloud Hosting Terpercaya? Kenali Dulu Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Kenali Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Ketika hendak memilih layanan cloud hosting terpercaya, tentu Anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan. Cloud hosting dan shared hosting sendiri merupakan topik yang paling sering dibahas. Bingung mana yang harus dipilih? Cloud hosting atau shared hosting? Nah berikut beberapa perbedaan cloud hosting dan shared hosting yang perlu dipertimbangkan.

Apa Itu Cloud Hosting?

Sebenarnya apa sih cloud hosting itu? Cloud hosting merupakan layanan hosting di mana data website penggunaannya akan ditempatkan di lebih dari satu server. Hal ini juga berlaku untuk jumlah resource pengguna.

Dengan begitu maka website pengguna layanan cloud hosting jarang mengalami downtime. Saat salah satu server bermasalah atau sibuk, maka aktivitas dari website tersebut akan dialihkan menggunakan server lain yang normal. Jadi layanan cloud hosting sendiri mampu menampung traffic dengan jumlah yang sangat besar.

Tak hanya itu saja, para pengguna layanan cloud hosting juga bisa menambah jumlah server sesuai dengan kebutuhan website. Hal ini tentu menjadi keunggulan cloud hosting. Sama halnya dengan shared hosting, pengelola layanan cloud hosting juga fully managed. Artinya kewajiban tersebut dilakukan oleh penyedia layanan.

Cloud hosting sendiri merupakan salah satu jenis layanan hosting yang paling sering digunakan karena memiliki beberapa keunggulan yang membuat para penggunanya merasa puas. Beberapa keunggulannya antara lain seperti memiliki cloud cluster sendiri, memfokuskan uptime. Resource pribadi, dan memudahkan penggunanya dalam melakukan scaling.

Biaya layanan cloud hosting memang tidak semurah shared hosting. Meski harganya cenderung lebih mahal dari shared hosting, namun masih terbilang cukup terjangkau. Harganya juga cukup beragam mulai dari Rp150.000 per bulan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Apa Itu Shared Hosting?

Dibandingkan dengan layanan hosting lain pada umumnya, shared hosting cenderung memiliki harga yang paling terjangkau. Anda bisa menikmati layanan shared hosting dengan harga mulai dari Rp10.000 per bulan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan website Anda.

Pada umumnya layanan web hosting yang satu ini cenderung dipilih oleh pemula atau website yang tidak membutuhkan bandwidth, RAM, dan kapasitas penyimpanan besar. Bahkan para pengguna shared hosting juga tak dituntut memiliki pengetahuan lanjut sebab pengelolaan server dilakukan oleh pihak penyedia layanan. Inilah yang menjadi keunggulan shared hosting.

Meski demikian, keterbatasan resource server membuat layanan hosting yang satu ini tidak mampu memfasilitasi website dengan traffic tinggi dan banyak data. Tak hanya itu, para penggunanya juga harus berbagi server dengan pengguna lainnya. Jadi performa website Anda bisa dipengaruhi oleh aktivitas dan masalah yang terjadi pada sesama pengguna server.

Keuntungan yang ditawarkan jika menggunakan shared hosting adalah biaya yang tidak terlalu besar dan dapat digunakan untuk website bisnis. Tak hanya itu saja, layanan ini juga cocok digunakan untuk pemula.

Dari Segi Kapasitas dan Performa

Shared hosting memang memiliki resource dalam jumlah yang besar. Namun kapasitas RAM, penyimpanan dan bandwidth server juga digunakan oleh pengguna lainnya. Hal inilah yang menyebabkan keterbatasan terbatasnya bandwidth pada shared hosting. Kapasitas yang terbatas dan beban dari pengguna lain juga bisa memperlambat website Anda.

Lain halnya dengan layanan cloud hosting, jenis layanan yang satu ini memiliki kapasitas yang terdedikasi untuk website Anda. Tak hanya itu saja, data Anda juga akan tersimpan pada beberapa server sekaligus dengan jumlah resource yang sama. Dengan begitu maka website Anda jarang mengalami downtime.

Dari Segi Keamanan

Keamanan merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih layanan web hosting. Terlebih lagi jika website Anda menyimpan data dan transaksi orang lain. Pada umumnya para pengguna perlu menambahkan fitur keamanan pada akun hosting mereka. Bahkan ada banyak sekali layanan web hosting yang menyediakannya secara gratis.

Jika Anda menggunakan layanan shared hosting dan cloud hosting terpercaya di Niagahoster, keduanya sudah dilengkapi dengan SSL (secure socket layer) certificate dan imunify360 secara gratis. Sistem keamanan ini bermanfaat untuk menjaga dan mengamankan pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet.

Dari Segi Skalabilitas

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Layanan web shared hosting memang menyediakan RAM, penyimpanan dan bandwidth yang besar. Namun jika Anda juga harus berbagi server dengan banyak website lainnya. Para penggunanya juga tidak bisa menambah jumlah server. Jadi Anda hanya bisa mengelola website kecil atau tidak bertujuan menerima banyak traffic.

Lain halnya dengan layanan cloud hosting terpercaya yang memberikan kebebasan lebih banyak terhadap jenis website yang hendak dibangun. Anda hanya perlu memilih jumlah server yang akan digunakan. Selagi website berkembang Anda juga bisa membeli layanan cloud hosting lainnya yang mampu memberikan resource lebih besar.

Dari Segi Kemudahan Penggunaan

Tidak semua orang paham dengan dunia IT. Jadi kurangnya pengetahuan mengenai operasional layanan web hosting juga menjadi halangan untuk menggunakannya. Meski demikian sebenarnya cloud hosting maupun shared hosting cukup mudah dipelajari dan digunakan. Bahkan konfigurasi dan pemeliharaan server juga dilakukan oleh pihak penyedia jasa.

Layanan web hosting Niagahoster selalu menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. Sebab layanan web hosting ini sudah menggunakan cPanel sebagai kontrol panel. Jika dibandingkan dengan yang lainnya, panel ini mampu menawarkan user interface sederhana dan mudah dipelajari.

Dari Segi Biaya

Jika dilihat dari segi biaya, shared hosting cenderung lebih murah dibanding dengan cloud hosting. Misalnya saja layanan hosting dari Niagahoster, Anda bisa mendapatkan paket shared hosting personal dengan harga mulai dari Rp26.563 per bulan. Dengan paket tersebut Anda bisa mendapatkan SSL certificate, satu domain, dan proteksi email SpamAssassin.

Cloud Hosting vs Shared Hosting, Mana yang Harus Dipilih?

Pada dasarnya semua jenis layanan web hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Bagi Anda seorang pemula yang sedang belajar membuat dan mengelola website, maka shared hosting merupakan pilihan yang tepat.

Tak hanya menawarkan biaya yang lebih rendah dan terjangkau saja. Shared hosting juga cenderung mudah digunakan oleh orang awam. Perawatan dan pengaturan servernya juga dilakukan oleh pihak penyedia layanan. Jadi Anda tak perlu memahami hal-hal teknis tersebut.

Namun jika Anda membutuhkan sarana untuk menjalankan toko online atau website apapun dengan tingkat traffic yang tinggi, maka dianjurkan untuk menggunakan layanan cloud hosting. Meski harganya cenderung lebih mahal, namun Anda akan mendapatkan resource server yang terdedikasi. Jadi aktivitas dan masalah pengguna lain tidak mempengaruhi kinerja web Anda.

Nah itu dia beberapa perbedaan cloud hosting dan shared hosting. Jika mengetahui perbedaan cloud hosting dan shared hosting maka Anda bisa menentukan pilihan yang tepat mengenai layanan hosting apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sedang mencari layanan cloud hosting terpercaya dan berkualitas? Niagahoster jawabannya.

Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment