7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Hindari Kerusakan Trafo dengan Perawatan Intensif

Anda pasti mengetahui bahwa salah satu alat penting untuk hasilkan listrik yaitu transformator atau biasa disingkat sebagai trafo. Alat yang satu ini banyak dipakai di perindustrian juga dan ada ti[e yang basah maupun kering. Sebagian besar trafo yang dipakai saat ini adalah jenis basah. Dikatakan sebagai trafo basah, karena menggunakan oli. Perawatan perlu dilakukan dengan menggunakan jasa perawatan trafo.

Anda tidak boleh sembarangan pilih jasa perawatan tersebut untuk bisa mendapatkan hasil perawatan maksimal dan memperpanjang umur trafo. Salah satu jenis perawatan yang perlu dilakukan guna mendapatkan tegangan dengan nilai yang yang tepat perlu dilakukan purifikasi. Anda bisa melakukan purifikasi dengan bantuan mekanik handal dari Sewatama.

Perawatan Bisa Menghindarkan dari Berbagai Kerusakan Trafo

Hindari Kerusakan Trafo dengan Perawatan Intensif

Trafo yang tidak mendapatkan perawatan secara berkala bisa mengalami kerusakan. Tidak hanya terjadi pemadaman listrik saja, melainkan bisa terjadi hal lain yang lebih berbahaya. Beberapa bahaya yang berpotensi terjadi saat trafo tidak mendapatkan perawatan yang seharusnya akan bisa Anda simak berikut ini.

1. Flash Over
Saat trafo bekerja aka nada yang namanya nilai tegangan dan oli berguna sebagai media isolator sekaligus pendingin. Oli yang dipakai memiliki nilai tegangan tembus tertentu. Saat tidak dirawat dengan baik, maka oli akan mengalami penurunan tegangan yang bisa akibatkan flash over. Ada dua jenis flash over yang bisa terjadi yaitu flash over antar live part maupun flash over live part dengan tangki.

2. Naiknya Temperatur Trafo
Kenaikan suhu pada trafo bisa dikatakan bukan hal yang baik, karena bisa menyebabkan kerusakan parah. Anda perlu untuk merawat trafo dengan baik, sehingga bisa cegah terjadinya kenaikan suhu.

3. Terjadi Penurunan Tegangan pada Isolasi Trafo
Hal terakhir yang berpotensi terjadi pada trafo yang tidak dirawat yaitu menurunnya tegangan pada isolasi. Saat tegangan pada isolasi turun, maka artinya isolasi akan tidak bisa bekerja dengan baik dan kondisi ini tidak baik untuk trafo.

Seluruh keadaan yang sudah disebutkan tidak baik bila dibiarkan saja. Anda perlu bertindak dengan cepat untuk mencegah terjadinya konslet trafo yang bisa berujung pada ledakan. Saat ledakan terjadi sudah pasti bisa menyebabkan kebakaran. Anda yang berminat untuk https://sewatama.com/id/.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email ayiedmr@gmail.com atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment