7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Mengenal Smadav dan Cara Update Smadav yang Benar


Mengenal Smadav dan Cara Update Smadav yang Benar

Smadav adalah salah satu perangkat lunak komputer yang berguna sebagai antivirus. Ia dibuat dengan tujuan untuk mengatasi varian virus komputer yang menyebar. Saat ini, Smadav ada yang versi gratis dan ada yang berbayar. Itu dapat perlindungan maksimal, Anda harus sering update. Nah, bagaimana sebenarnya cara update Smadav itu?

Mengenal Smadav

Sebelum tahu bagaimana cara memperbaharui Smadav, ada baiknya Anda mengenal ini dulu. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Smadav ini adalah sebuah program antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus pada komputer. Nama Smadav sendiri berasal dari kata Smada.

Ini adalah singkatan nama sekolah si pembuat, Zainuddin Nafarin yang pada tahun 2006 lalu telah berhasil membuatnya. Beliau sekolah di SMA Negeri 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Ia berhasil membuat program ini berkat perkenalannya dengan bahasa pemrograman Visual Basic di laboratorium sekolahnya.

Pengembangan antivirus ini sebenarnya sempat tertunda karena sang pembuat sabut dalam kegiatan akademiknya setelah ia mulai kuliah di UGM. Namun, dalam perkembangannya akhirnya ia dikembangkan bersama-sama dengan para sukarelawan secara daring. Smadav ini memiliki beberapa fitur terbaik untuk menjalankan fungsinya.

Beberapa fiturnya adalah Smad-Lock yang berfungsi untuk mengamankan file dalam alat penyimpanan data dari serangan virus. Ada juga SmaRTP yang berfungsi untuk mencegah eksekusi file virus dari alat penyimpanan data.

Dalam proses kerjanya, ia akan mengecek komputer pengguna di balik layar. Jika ada virus yang ditemukan oleh antivirus ini, maka ia akan langsung mematikannya sebelum antarmuka Smadav ditampilkan. Nah, jika ia gagal, maka berkas tersebut akan dikarantina. Hal ini biasanya disebabkan karena virus sudah bergabung dengan berkas dokumen.

Fungsi Smadav

1. Proteksi Tambahan untuk Komputer
Bicara soal fungsi, ada cukup banyak fungsi dari Smadav ini. Salah satunya adalah sebagai proteksi tambahan komputer Anda. Smadav adalah tipe antivirus yang didesain sebagai proteksi tambahan untuk komputer Anda. Jadi, ia bisa diinstal dengan antivirus lain sehingga akan 100% kompatibel dan berjalan dengan baik.

Ia bisa mendeteksi dan membersihkan virus pada komputer Anda sehingga keamanan komputer meningkat. Meski begitu, ia tidak akan menambah berat kinerja komputer Anda dalam penggunaannya.

2. Proteksi Total USB Flashdisk
USB Flashdisk adalah salah satu media penyebaran virus paling besar yang ada di Indonesia. Smadav memiliki teknologi untuk mencegah penyebaran virus via ini. Ia memiliki signature yang bisa mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database. Tak hanya untuk pencegahan, ia juga bisa mengembalikan file di flashdisk yang disembunyikan virus.

3. Tidak Perlu Update Terlalu Sering
Salah satu yang membuat pengguna sering kesal adalah aplikasi yang terlalu sering di update. Nah, Smadav ini memiliki keunggulan tak perlu sering di-update. Ia bisa digunakan pada komputer yang tersambung internet ataupun tidak dan ia tidak perlu terlalu sering di-update seperti antivirus lain.

Ia hanya akan melakukan update sebulan sekali. Ini karena ia memiliki signature atau database virus yang lebih besar. Ia juga memiliki teknik deteksi behavior, heuristic dan whitelisting yang bagus.

4. Cleaner dan Tools untuk Membersihkan Virus
Ia juga mampu membersihkan virus yang sudah menginfeksi komputer Anda dan memperbaiki registrasi yang sudah diubah si virus. Padahal, antivirus lainnya tidak melakukan hal ini. Selain itu, banyak tools pendukung yang bisa Anda gunakan sebagai senjata untuk pembersihan virus.

Meski begitu, tidak semua virus bisa dibersihkan oleh Smadav. Masih ada beberapa virus yang belum mampu dibersihkannya yakni tipe rootkit seperti virus Ramnit, Sality, Alman dan Virut. Hal ini dikarenakan virus-virus ini merusak sebagian besar file program di komputer Anda.
Lalu, Bagaimana Cara Update-nya?

Untuk cara update antivirus Smadav ini sebenarnya tak susah. Untuk aplikasi yang gratis, Anda bisa membuka laptop atau PC Anda lebih dulu. Setelah itu, Anda bisa uninstall Smadav versi lama di control panel. Lanjutkan dengan mengunduh kembali Smadav versi terbaru di situs resmi yang sudah disediakan.

Instal aplikasi tersebut di PC atau komputer Anda. Langkah update aplikasi antivirus Smadav versi gratis pun selesai. Sedangkan untuk versi Pro, langkahnya berbeda. Anda harus mengklik kanan icon Tray yang ada di sudut kanan bawah icon Smadav yang berwarna hijau. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih check for update.

Aplikasi Smadav Pro Anda akan otomatis update asalkan komputer Anda terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, Anda juga bisa update dengan cara membuka aplikasinya dan klik menu setting lalu klik lagi check for update. Selesai.

Itulah cara memperbaharui aplikasi antivirus Smadav yang mudah dilakukan. Mau yang gratis atau yang berbayar, Smadav akan memberikan proteksi maksimal untuk komputer atau laptop Anda. Dengan fiturnya yang canggih, tentunya kinerja komputer Anda akan lebih maksimal.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa web/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Silahkan hubungi saya di email ayiedmr@gmail.com atau WA 082154295557.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment