7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

5 Tips Merawat Karpet Masjid Agar Awet dan Bersih

Masjid merupakan sarana ibadah untuk umat muslim yang harus selalu dijaga dan dirawat fasilitasnya. Dengan fasilitas yang bersih dan terawat, orang-orang bisa lebih nyaman untuk beribadah di masjid. Ada banyak fasilitas dan perlengkapan yang bisa ditambahkan pada masjid untuk semakin membuat orang-orang nyaman beribadah, seperti berbagai karpet di karpet masjid Bekasi.

Karpet Masjid

Merawat Karpet Masjid

Namun, karpet yang dipasang pada masjid tentu harus mendapatkan perawatan khusus agar bisa awet dan selalu bersih. Berikut beberapa tips merawat karpet masjid agar bisa awet dan tetap bersih.

1. Menggunakan sabun khusus
Ada banyak pilihan karpet masjid dengan berbagai motif dan serat karpet yang bisa Anda cari  seperti di toko yang jual karpet masjid Bekasi. Namun, untuk merawat motif dan serat karpet ini, Anda tidak bisa hanya menggunakan sabun biasa karena akan beresiko mengandung partikel atau zat yang bisa merusak serat karpet. Sebaiknya Anda menggunakan sabun khusus yang sudah banyak dijual secara komersial untuk digunakan sebagai sabun untuk merawat karpet.

2. Menjemur dengan baik
Beragam karpet masjid seperti yang bisa Anda beli di toko yang menjual karpet masjid memiliki tekstur permukaan dan warna yang bagus. Namun tekstur dan warna ini bisa saja rusak jika Anda menjemur karpet dengan cara yang salah. Untuk tetap menjaga dan merawat karpet, Anda lebih baik menjemurnya tidak di bawah sinar matahari langsung.

Sinar matahari berpotensi merusak permukaan karpet dan membuat warna karpet menjadi pudar. Jadi, pilihlah tempat yang tidak terkena sorot matahari langsung dan juga aman jika suatu saat tiba-tiba hujan datang. Lebih baik jika Anda menjemur karpet dengan memanfaatkan angin sepoi-sepoi untuk mengeringkannya.

3. Menggunakan penyedot debu
Karpet yang disimpan di masjid tentu akan lebih sering kotor karena terkena debu, sementara orang-orang tentu membutuhkan karpet yang nyaman agar lebih khusyu beribadah. Oleh karena itu, Anda perlu untuk rutin membersihkan karpet agar terbebas dari debu.

Untuk menghilangkan debu ini Anda bisa menggunakan alat penyedot debu semacam vacuum cleaner. Pembersihan debu menggunakan vacuum cleaner ini juga bisa Anda lakukan ketika Anda baru membeli karpet tersebut.

4. Menggunakan pewangi
Salah satu masalah yang sering ditemui pada karpet-karpet masjid adalah bau yang tidak sedap. Hal ini sangat mungkin terjadi karena karpet-karpet masjid seperti karpet masjid Bekasi merupakan fasilitas yang digunakan oleh banyak orang setiap hari. Untuk menghilangkan bau ini, Anda bisa menyemprotkan pewangi pada karpet.

Selain pewangi, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami lain, misalnya baking soda. Untuk menggunakan baking soda dalam menghilangkan bau, Anda cukup menaburkan baking soda ke seluruh permukaan karpet masjid dengan merata. Setelah itu diamkan selama 45 menit agar baking soda tersebut meresap kemudian bersihkan dengan bantuan vacuum cleaner.

5. Pilih sikat yang tepat
Ketika Anda perlu menyikat karpet, Anda harus menggunakan sikat yang tepat agar tidak merusak teksturnya. Hindari memilih sikat yang terlalu halus karena tidak akan efektif untuk menghilangkan kotoran-kotoran pada karpet. Namun, Anda juga tidak bisa menggunakan sikat yang terlalu keras karena berpotensi merusak tekstur dan material karpet. Anda juga harus menggosok dengan cara yang tepat, yaitu dengan cara menggosok di bagian tengah dan menghindari bagian pinggir karena lebih rentan untuk rontok.

Itulah beberapa tips untuk merawat karpet masjid Bekasi agar awet dan tetap bersih. Untuk beragam pilihan karpet masjid yang berkualitas, Anda bisa mencarinya di toko-toko karpet di kota Anda seperti toko yang jual karpet masjid Bekasi.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment