7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

SHAREit Bisa Transfer Dokumen Lebih Cepat dari Bluetooth

Dalam melakukan transfer data dari satu smartphone ke smartphone lainnya, pengguna masih sering menggunakan Bluetooth sebagai aplikasi penghubung antar dua perangkat yang berbeda . Memang, Bluetooth selalu tersedia di setiap smartphone yang diproduksi hingga saat ini. Bahkan, Bluetooth saat ini sudah ditemukan pada notebook-notebook yang beredar saat ini. Sayangnya, Bluetooth masih memiliki satu kelemahan yang cukup mengganggu: Pelan.

Aplikasi SHAREit

Dalam hal bertukar data, saat ini Bluetooth sudah memiliki pesaing. Pesaingnya ternyata teknologi yang sudah digunakan dari beberapa tahun yang lalu, yaitu Wi-Fi. Dengan menggunakan teknologi Wi-Fi ini, transfer data dimungkinkan untuk jadi lebih cepat lagi. Akan tetapi, dalam melakukan transfer data melalui Wi-Fi, harus ada aplikasi yang pas untuk melakukan pertukaran dokumen tersebut. Dengan latar belakang tersebut, aplikasi pertukaran data SHAREit hadir melengkapi perangkat yang ada saat ini, seperti perangkat Android, iOS, dan Windows.

Teknologi Wi-Fi yang digunakan pada aplikasi SHAREit bernama Wi-Fi Direct. Wi-Fi Direct sendiri tidak memerlukan jaringan dari router atau internet sekali pun. Dengan Wi-Fi Direct, kecepatan file dari sebuah perangkat mobile seperti smartphone ke perangkat lainnya memang jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan Bluetooth. Mekanisme transfer seperti inilah yang seharusnya dapat melancarakan bisnis Anda, terutama saat dibutuhkan pertukaran dokumen secara cepat.

Bagi yang khawatir dengan kuota internet, tenang saja. Wi-Fi Direct tidak memakan kuota internet harian Anda sehingga tidak akan ada pemakaian pulsa saat melakukan pengiriman dokumen. Bahkan pada SHAREit, aplikasi ini meminta para penggunanya untuk mematikan jalur mobile internet dari operator agar pengiriman dapat berjalan lancar. Jadi dalam transfer dokumen antar perangkat, tidak akan ada biaya yang akan dikeluarkan oleh pengguna.

Bukan hanya  perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS saja. PC Windows yang memiliki koneksi Wi-Fi, yang kebanyakan adalah notebook, juga bisa menggunakan SHAREit. Untuk melakukan transmisi, semua perangkat harus terhubung ke satu jaringan Wi-Fi yang sama terlebih dahulu. Penggunaan pada sistem operasi Windows memerlukan software yang dapat langsung di-download pada ushareit.com.

Lalu data apa saja yang bisa ditransfer melalui SHAREit? Tidak ada batasan jenis file yang bisa dikirim melalui aplikasi ini. Bahkan pada aplikasi SHAREit, sang developer sudah mengelompokkan berbagai jenis file dalam beberapa kategori, seperti Files (untuk file apa pun), Video, Aplikasi (bisa mengirimkan aplikasi yang sudah terinstal pada Android), Foto, dan Musik. Ukuran file-nya pun tidak ditentukan. Jadi, melakukan transfer sebuah file Video yang biasanya dapat memakan kapasitas 800 MB sampai 4 GB dapat dikirim dengan cepat. Waktu yang didapat akan sama dengan melakukan transfer beberapa foto via Bluetooth.
Related Posts
Ayied Muhammad Riduan
Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment