Wajib Tahu: Struktur Sederhana dari Template Blog

Saking antusiasnya orang ingin menjadikan blognya menjadi cantik dan menarik, kebanyakan dari Anda malah sering melupakan hal sederhana, seperti tentang dasar mendesain sebuah blog.  Anda pun seakan meremehkan template blog yang seakan sudah menjadi hal yang tak perlu lagi dipikirkan. Namun, agar blog bisa menjadi tempat yang indah, alangkah baiknya jika Anda memahami dulu struktur apa saja yang ada dalam sebuah template.

Desain Template Blog 

Struktur Sederhana dari Template Blog

1. Header
Header Blog adalah bagian kepala atau bagian paling atas di dalam sebuah blog. Secara umum, di bagian header, biasanya terdapat Judul Blog dan Deskripsi blog. Bahkan beberapa blog kadang ditambahkan tombol social media, banner, dan lain-lain.

Untuk penulisan script Header biasanya diawali dengan code <header> lalu diakhiri dengan </header>. Pada bagian template yang bernama script header, Anda sebagai blogger dapat mengedit judul dan deskripsi dalam sebuah blog. Hal tersebut dapat sewaktu waktu dilakukan jika Anda merasa kurang puas dengan judul atau deksripsi yang Anda tulis sebelumnya.

2. Sidebar
Bagian wajib template blog selanjutnya adalah Side bar Blog yaitu bagian dalam tata letak blog. Umumnya, sidebar blog mempunyai 2 posisi, yaitu bisa di kanan atau di kiri. Namun, ada juga beberapa template blog yang menampilkan di kedua posisi tersebut. Pada sidebar blog, Anda dapat menambahkan widget pendukung untuk memudahkan pembaca menavigasi blog Anda, misalnya: Widget Arsip Blog, Kategori, Artikel Terbaru, Profil dan lain-lain.

3. Post
Post Blog adalah hasil keseluruhan konten yang telah Anda tulis dan di upload. Pada post blog, biasanya menampilkan Judul, Isi Konten dan Kolom Komentar. Di konten ini, Anda bisa menambahkan seperti teks, foto, video, gif, embed, dan lain-lain.

4. Footer
Footer Blog adalah bagian kaki atau bagian paling bawah dari sebuah blog. Di footer ini, biasanya terdapat informasi hak cipta (credit title) dari blog dan ada pula yang menambahkan widget di beberapa template blog. Pada template default blogger, penulisan codenya dimulai dari <footer> dan diakhiri dengan </footer>.

Meski terlihat seperti mudah dan tidak perlu dipelajari, tetapi informasi tentang susunan pada template blog wajib Anda ketahui. Terlebih jika Anda adalah blogger pemula. Bukankah untuk mencapai kesuksesan dalam dunia blogging, Anda juga perlu belajar dan paham akan istilah sederhananya. Maka dari itu, semoga informasi tentang template blog di atas bermanfaat bagi para pembaca!

0 Response to "Wajib Tahu: Struktur Sederhana dari Template Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel