5 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Memperbaikinya Sendiri

Ada beberapa masalah yang kerap terjadi pada kulkas. Salah satu yang paling sering terjadi adalah kulkas tidak dingin. Lalu, apa penyebab kulkas tidak dingin? Itulah yang akan kita bahas dalam artikel ini beserta petunjuk untuk memperbaikinya sendiri. Jika kalian memiliki masalah yang sama pada kulkas, kalian harus memperhatikan penjelasan berikut ini.

Faktor-faktor Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Tips Memperbaikinya

Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Memperbaikinya Sendiri


Jika kalian mendapati kulkas tidak dingin, jangan buru-buru memanggil teknisi. Ada baiknya, kalian cari tahu dulu penyebabnya sehingga kalian bisa memperbaikinya sendiri di rumah. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Lubang Angin Tertutup Es
Kulkas yang tidak dibersihkan terlalu lama membuat bunga es mengembang dan menutup lubang angin. Jika demikian, kulkas menjadi tidak dingin karena suhu dingin yang dihasilkan tidak bisa keluar.

Cara memperbaikinya tergantung pada jenis kulkas tersebut. Pada kulkas jenis no frost, cukup lakukan defrosit atau matikan kulkas beberapa jam. Pastikan pintu kulkas terbuka saat kulkas dimatikan. Setelah bunga es mencair, lap dengan kain dan hidupkan kembali kulkas. Pada kulkas jenis evaporator, cara paling efektif adalah mematikan kulkas agar es mencair seperti cara tadi.

2. Freon Habis atau Bocor
Kulkas tidak dingin juga bisa disebabkan karena Freon habis atau bocor. Pasalnya, freon berfungsi untuk melepas panas. Normalnya, Freon terasa hangat atau panas saat dipegang. Jika Freon habis atau bocor, ia tidak akan terasa panas. Untuk mengeceknya, kalian cukup memegang pada bagian belakang kulkas.

Kulkas yang tidak dingin karena Freon habis bisa diperbaiki dengan mengisi kembali Freon tersebut. Jika Freon bocor atau rusak, maka yang perlu diperbaiki adalah bagian ini. Kalian bisa memanggil teknisi yang handal untuk memberbaikinya. Jika Freon bisa bekerja dengan normal, maka kulkas juga bisa tetap terjaga suhu dinginnya.

3. Thermostat Tidak Bekerja
Thermostat atau bisa juga disebut otomatis kulkas adalah salah satu fitur denga teknologi canggih yang dipasang pada setiap kulkas. Ketika thermostat disetel pada suhu tertentu, kulkas akan berhenti mengeluarkan suhu dingin sejenak dan akan kembali bekerja mendinginkan lagi beberapa saat kemudian. Untuk itu, kalian harus mengecek pengaturan thermostat ini.

Thermostat yang tidak bekerja bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Jika alat ini tidak bekerja dengan maksimal, mungkin kalian hanya perlu mengatur ulang thermostatnya. Namun jika alat ini sudah benar-benar tidak bekerja, maka kalian harus memperbaikinya. Tentu saja, kalian membutuhkan teknisi yang profesional untuk memperbaikinya.

4. Kipas Mati
Setiap kulkas hadir dengan kipas sirkulasi. Jika benda ini mati, maka kulkas tidak bisa mengeluarkan suhu dingin karena sirkulasi udara dingin terhambat. Untuk itu, pastikan kipas sirkulasi pada kulkas bekerja dengan normal.

Kipas sirkulasi yang mati masih bisa diperbaiki. Tentu saja butuh keahlian khusus untuk melakukannya. Jika kalian memiliki kemampuan untuk itu, kalian bisa memperbaikinya sendiri di rumah.

Baca Juga : Lemari Es dari Masa Ke Masa

5. Kompresor Tidak Bekerja
Apakah kompresor pada kulkas bekerja dengan normal? Kompresor bisa saja tidak bekerja karena berbagai hal. Misalnya adalah karena relay otomatis yang tidak bekerja, kompresornya rusak, atau kapasitor Start rusak.

Yang jelas, ini bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Untuk itu, kalian harus memeriksa kondisi kompresor kulkas. Caranya adalah dengan mendengarkan bunyi ataupun merabanya. Kompresor yang bekerja akan terasa bergetar dan mengeluarkan bunyi.

0 Response to "5 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Memperbaikinya Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel