Asuransi yang Dibutuhkan Pasangan Baru Menikah

Apakah Anda merupakan pasangan yang baru menikah dan sedang dalam penyesuaian mengatur finansial? Sebagai pasangan baru, Anda memang sudah memasuki lembaran baru, sehingga Anda harus memikirkan berbagai hal bersama dengan pasangan.

Ada berbagai macam hal yang harus didiskusikan serta dipikirkan bersama dengan pasangan, lebih-lebih mengenai keuangan seperti asuransi.

Asuransi yang DIbutuhkan Pasangan Baru Menikah

Seberapa Penting Asuransi untuk Pasangan yang Baru Menikah?

Saat memikirkan mengenai biaya hidup, biasanya Anda juga akan memulai memikirkan masa depan. Seperti seberapa penting asuransi harus dimiliki. Padahal, asuransi merupakan hal yang sewajarnya dipikirkan karena asuransi menjadi penopang keuangan ketika terjadi risiko  yang tak diinginkan.

Anda harus mengingat kembali jika sekarang ini Anda tidak tinggal sendirian. Namun ada seseorang yang sudah menjadi tanggungan Anda. Lebih-lebih bila Anda merupakan kepala keluarga dan pencari nafkah.

Bayangkan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Seluruh keluarga akan terkena imbasnya, bahkan buah hati pun bisa kehilangan harapannya untuk menempuh pendidikan yang tinggi. Oleh sebab itu, sebagai pasangan muda, penting untuk memikirkan asuransi dari sekarang.

Lantas, Apa Asuransi yang Cocok Dimiliki?

Sebenarnya, produk asuransi yang bertebaran di tengah-tengah masyarakat ada begitu banyak. Inilah yang sering membuat orang awam bingung. Tentu, tidak ada produk yang cocok untuk semua orang, karena berbeda keluarga, berbeda pula kebutuhan yang dimiliki.

Agar bisa memilih asuransi yang cocok untuk dibeli, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti, antara lain:

1.       Tentukan anggaran asuransi
Sebelum mengambil produk asuransi, Anda bisa menganggarkan berapa biaya yang dapat dimasukkan untuk membayar premi asuransi setiap bulan. Bila Anda belum memperoleh angka pasti, Anda bisa menghitung pengeluaran bulanan terlebih dahulu.

2.       Tentukan jumlah finansial yang harus ditanggung
Cara lain untuk menentukan, Anda dapat menghitung biaya hidup yang harus ditanggung. Jumlah tersebut menjadi uang pertanggungan asuransi nantinya.

3.       Siapa pencari nafkah di dalam keluarga?
Menentukan pencari nafkah dalam keluarga sangat penting, karena ketika terjadi musibah yang tidak diinginkan, Anda bisa memperkirakan apakah keluarga akan tetap memiliki penghasilan atau tidak.

Asuransi yang Penting Dimiliki

Agar tidak bingung dalam melakukan pemilihan asuransi apa saja yang harus dimiliki, berikut beberapa jenis rekomendasi asuransi:

1.       Asuransi kesehatan
Semakin lama, biaya kesehatan menajdi semakin tinggi, apalagi dari tahun ke tahun pola hidup yang dimiliki cenderung tidak sehat. Agar Anda dan pasangan tetap terlindungi, tidak ada salahnya mengambil produk asuransi kesehatan.

Meskipun di kantor Anda sudah didaftarkan produk asuransi kesehatan BPJS, namun jika memiliki asuransi BPJS dan swasta, akan lebih lengkap. Asuransi ini akan memberikan perlindungan bagi semua anggota keluarga, sehingga Anda dapat semakin nyaman merencanakan keuangan bersama dengan pasangan.

Untuk memudahkan Anda memilih asuransi kesehatan yang cocok, Anda dapat membelinya melalui Lifepal. Lifepal merupakan marketplace asuransi yang akan membantu Anda memilih asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan.

2.       Asuransi perjalanan
Bila Anda dan pasangan adalah seseorang yang memiliki mobilitas tinggi, dan sering keluar negeri, asuransi perjalanan tidak boleh dilewatkan. Agar perjalanan dinas bisa aman dan nyaman, Anda dan pasangan harus memiliki asuransi perjalanan. Sekarang ini, asuransi perjalanan memiliki harga yang murah dan begitu populer.

Untuk jenis asuransi ini, kita bisa mengambil per perjalanan atau satu tahun. Jika mengambil tahunan, premi yang dibayarkan bisa lebih murah.

Sebagai tips, bila frekuensi jalan-jalan Anda dan pasangan sangat sering, lebih baik mengambil asuransi perjalanan dengan periode satu tahun.  Namun, jika jarang bepergian, beli asuransi perjalanan per periode saja.

3.       Asuransi jiwa
Asuransi jiwa merupakan perjanjian Anda dan perusahaan asuransi sebagai penanggung yang akan membayarkan sejumlah nominal ketika terjadi risiko kematian.

Sebagai pihak tertanggung, Anda diwajibkan untuk membayar premi yang berguna untuk memberi penggantian risiko kematian. Bisa dikatakan bila asuransi jiwa bertujuan menanggung seseorang agar tidak mengalami kerugian finansial saat tertanggung meninggal dunia.

Salah satu pengetahuan yang penting dimiliki oleh sebuah keluarga ialah membuat perencanaan dengan baik. Asuransi menjadi poin penting untuk masuk ke dalam perencanaan keluarga Anda.

0 Response to "Asuransi yang Dibutuhkan Pasangan Baru Menikah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel