5 Cara Membuat Konten Berkualitas yang Memikat Pembaca

cara membuat konten berkualitas, cara membuat artikel berkualitas, cara menulis artikel berkualitas, cara membuat konten original, contoh isi blog yang menarik, pengertian konten berkualitas, tahapan membuat konten berkualitas, konten berkualitas panduanim, cara membuat blog yang berkualitas, contoh konten kreatif
Tahapan dan Cara Membuat Konten Berkualitas Yang Menarik

Saat ini, banyak sekali orang biasa yang bertransformasi menjadi populer layaknya artis. Merekalah yang berusaha tampil unik sehingga berhasil menjadi selebgram atau vlogger dan blogger dengan jutaan followers. Awalnya mungkin hanya hobi dan seru-serun, tapi akhirnya bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Website yang ditujukan untuk SEO biasanya tidak bertahan lama bertengger di search engine. Lantas, bagaimana mereka bisa membuat konten yang menarik dan unik sehingga bisa memikat banyak pengunjung untuk membaca atau menontonnya? apakah semua ini termasuk tentang apa itu SEO?

inilah Langkah, Tahapan dan Cara Membuat Konten Berkualitas Yang Menarik dan Memikat Pembaca

cara membuat konten berkualitas, cara membuat artikel berkualitas, cara menulis artikel berkualitas, cara membuat konten original, contoh isi blog yang menarik, pengertian konten berkualitas, tahapan membuat konten berkualitas, konten berkualitas panduanim, cara membuat blog yang berkualitas, contoh konten kreatif
Cara Membuat Konten Berkualitas
Yuk kita ulas selengkapnya mengenai beberapa tahapan membuat artikel berkualitas alias cara membuat konten berkualitas yang menarik dan memikat calon pembaca dari mesin pencari dan sosial media.

1. Luruskan Niat saat Menulis

Semua pekerjaan selalu berawal pada niat. Apa niat Anda membuat sebuah konten di internet? Konten yang menarik dan memikat biasanya dibuat dengan tujuan mengoptimalkan tulisan pada search engine dan benar-benar bermanfaat untuk pengunjung. Manfaat ini juga tidak bersifat musiman, tapi berlaku selamanya.

Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahakan atau memperbaruinya. Contohnya artikel atau video yang mengulas tentang bahaya pacaran, pentingnya sedekah, dan semacamnya. Ada juga yang memilih konten unik, seperti membuat es kepal dan membuat handcraft dari barang bekas sehingga menjadi barang yang cantik dan bermanfaat.

2. Buat Konten Berkualitas

Konten yang menarik dan memikat memang biasanya bersifat hiburan. Tapi, selipkan juga agama, ilmu, etika, dan nilai-nilai kesopanan di dalamnya. Kadang, bagian-bagian yang diselipkan inilah yang menunjukkan kualitas sebuah konten.

Begitupula dengan Anda sebagai pembuat konten, harus memiliki prinsip, visi, dan misi yang jelas. Konten yang dibuat bukan hanya mengikuti pasar, hal-hal yang disukai pembaca, atau konten yang sedang tren, tapi mengandung hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan pembaca.

3. Gunakan Judul dan Deskripsi yang Sinkron

Jika Anda mengunjungi beberapa konten tulisan dan video di internet, banyak sekali judul yang kalimatnya sangat panjang dan menggantung. Cara ini memang cukup ampuh untuk membuat pengunjung penasaran dan membuka konten tersebut. Sayangnya, ada juga judul yang ‘lebai’, bahkan tidak sinkron sama sekali dengan deskripsi dan isi konten.

Contohnya video yang gambar sampulnya memperlihatkan gambar artis muda kembar yang menikah dengan artis kembar lainnya. Warganet pun penasaran, tapi saat dibuka, kontennya hanya mengulas tentang hubungan kakak adik kembar dengan kakak adik kembar lainnya.

Mereka belum menikah sama sekali dan foto yang dijadikan sampul ternyata hasil editan. Konten seperti ini bisa disebut hoaks dan menipu. Pengunjung bisa saja mem-blacklist dan tidak akan membuka akun tersebut lagi.

4. Menyantumkan ‘Boleh Share’

Salah satu ciri konten yang memikat dan disukai banyak pengunjung adalah banyaknya respon yang berisi ‘izin share’. Jika Anda sudah memiliki niatan agar konten yang Anda buat tersebut bermanfaat bagi banyak orang, langsung saja cantumkan di awal atau akhir konten bahwa Anda mengizinkan tulisan tersebut disebarluaskan.

Dengan demikian, kolom komentar pada konten yang Anda buat tidak dipenuhi oleh tulisan ‘izin share’. Bisa jadi, komentar yang penting menjadi ‘tenggelam’ dan tidak terbaca. Cara ini juga lebih efektif dan efisien daripada Anda harus menjawab satu per satu komentar warganet tersebut.

5. Merespon Pembaca dengan Santun

Saat Anda membuat sebuah konten kemudian meng-upload-nya, itu berarti Anda sudah siap untuk menerima respon dari pembaca atau pengunjung. Respon yang diberikan bisa beragam, dari respon pofitif seperti ungkapan persetujuan dan ucapan terima kasih, hingga respon negatif dalam bentuk kritikan.

Nah, apapun respon yang diberikan, tanggapan balik dari Anda harus tetap dikemukakan dengan santun. Upaya menjaga komunikasi dengan pengunjung yang kerap disebut netizen atau warganet ini merupakan salah satu poin plus untuk meningkatkan jumlah followers, apalagi jika respon Anda tersebut cukup berbobot sehingga bisa diterima pengkritik, itulah artikel Anak SEO kali ini tentang Cara Membuat Konten Berkualitas.

0 Response to "5 Cara Membuat Konten Berkualitas yang Memikat Pembaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel