Mengenal Pengertian Apa itu indexer, Web Spider, Web Crawler dan Robot Spider

inilah pengertian indexer, Web Spider, Web Crawler dan Robot Spider, apa itu crawling, apa itu web crawler, apa itu web spider, apa itu robot spider, apa itu indexer, cara kerja web crawler, result engine adalah, cara menggunakan web crawler, cara kerja web crawler, metode crawling, crawler artinya, manfaat search engine, sebutkan manfaat seo secara umum pada website, manfaat seo secara umum pada website, indexing adalah, fungsi web crawler dan cara crawling data dari website
Pengertian Apa itu indexer, Web Spider, Web Crawler dan Robot Spider

Buat Anda yang akan menjalankan dan menerapkan cara SEO, strategi SEO, teknik SEO, mendalami ilmu SEO pasti sudah mengenal bukan tentang apa itu SEO dan seperti apa pengertian SEO dan cara kerja SEO pada umumnya.

Nah, karena hal tersebut pula Anda perlu mengetahui apa itu indexer, apa itu spider, apa itu web crawler, apa itu robot pada search engine. Pemahaman Anda untuk hal ini akan membantu menguasai teknik SEO nantinya menjadi semakin membaik. Tujuannya untuk membuat website atau konten yang Anda buat dapat diakses dengan mudah.

Pengertian Apa itu Web Spider, Robot Spider, Indexer dan Web Crawler

inilah pengertian indexer, Web Spider, Web Crawler dan Robot Spider, apa itu crawling, apa itu web crawler, apa itu web spider, apa itu robot spider, apa itu indexer, cara kerja web crawler, result engine adalah, cara menggunakan web crawler, cara kerja web crawler, metode crawling, crawler artinya, manfaat search engine, sebutkan manfaat seo secara umum pada website, manfaat seo secara umum pada website, indexing adalah, fungsi web crawler dan cara crawling data dari website
Apa itu indexer, Web Spider, Web Crawler dan Robot Spider

1. Indexer pada Search Engine

Indexer yang perlu Anda ketahui merupakan sebuah kegiatan untuk mengumpulkan dan menyimpan data untuk digunakan kembali di mesin pencari. Salah satunya yang banyak digunakan adalah Google. Pada mesin pencari ini adalah webmastertool yang manfaatnya mengontrol dan memproses indexing.

Cara ini tentunya bisa Anda terapkan dengan memiliki akun webmastertool. Setelah itu baru bisa melakukan pengoptimalan SEO on page. Langkahnya yaitu melakukan pemasangan sitemap yang berguna untuk mempercepat indexing pada SEO Google. Hal ini dapat terjadi karena  sitemap menyimpan daftar link atau url  di sebuah website. Cara ini yang membuat pesin pencari bisa mendeteksi dan merekam database website Anda.

2. Spider pada Search Engine

Apa itu indexer, spider, crawler, robot pada search engine perlu diketahui untuk bisa menjalankan teknik SEO secara optimal. Selanjutnya tentang spider yang merupakan program untuk mengunjungi situs. Program ini untuk membuat tulisan-tulisan utama dalam search engine. Cara membuatnya dengan memasukkan URL, lalu paste root domain, dan tekan tombol start.

Setelah itu Anda dapat juga menambah subdomain tambahan. Selain itu jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kotak Crawl All Subdomains di bawah configuration dan masuk ke spider. Proses masuk ini akan memakan waktu beberapa menit. Anda akan melihat progres di sudut kanan untuk mengetahui prosesnya sudah selesai atau belum.

Setelahnya bisa melakukan analisa hasil. Lakukan juga pemeriksaan kode respon pada program ini. Caranya dengan melihat status kode HTTP di dalam tab 'Response Code'.  Adapun kode status HTTP yang terpenting adalah 200 untuk OK, 301 untuk permanent redirect, 302 untuk temporary redirect,  404 untuk not found, 500 untuk server error, dan 503 untuk unavailable.

3. Crawler pada Search Engine

Tujuan dibuatnya crawler untuk membuat pengguna dapat menemukan artikel baru atau artikel yang telah diperbaharui. Google akan menemukan informasi website yang beredar di internet melalui proses crawling. Anda perlu mengetahui sebelum website bisa muncul di mesin pencari, Google akan mengetahui terlebih dahulu keberadaan situs tersebut.

Setelah itu nantinya pihak Google akan mengirimkan crawler yang digunakan untuk dapat menjelajahi internet. Cara kerja crawler dengan melihat sebuah halaman website, sekaligus mengikuti link yang ada. Ini merupakan cara untuk mengambil data website tersebut dan mengirimnya ke server Google.

4. Robot pada Search Engine

Robot pada search engine adalah sebuah program yang bisa berjalan sendiri. Hanya saja beberapa robot memerlukan sebuah input agar bisa menjalankan sebuah program. Pada program ini juga nantinya akan mengumpulkan data-data yang diperlukan dan akan sangat membantu penerapan SEO google yang dilakukan.

Hanya saja Anda yang memiliki situs perlu melakukan pembatasan akses robot dengan menggunakan file robots.txt di website. Nantinya file tersebut akan memberitahukan bagian situs yang boleh diakses dan ini sangat membantu keamanan situ Anda.

Penting sekali untuk Anda mengetahui dengan jelas apa itu indexer, spider, crawler, robot pada search engine. Tujuannya untuk dapat menjalankan optimasi SEO yang diperlukan secara optimal. Program ini akan membuat Anda menjadi semakin mahir nantinya dalam pelaksanaan teknik SEO.

Hasil akhirnya tentu saja dengan mendapatkan website yang menarik dan berkualitas yang dibantu dengan diciptakannya konten berkualitas seo yang disukai pengunjung website, itulah ulasan kita kali ini yang bisa Anak SEO ulas secara umum untuk pemula. Terimakasih dan Semoga bermanfaat..

0 Response to "Mengenal Pengertian Apa itu indexer, Web Spider, Web Crawler dan Robot Spider"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel